Cook – Special Sunday

Bismillahirrahmanirrahim

Dari kemarin udah ngajakin ibu buat ke pasar ahad pagi, jadi sekitar jam 8 lebih kami ke pasar wage. Pengen banget belanja sayur dan ikan.

Sampe pasar ngiler banget liat sayur dan buah yang oke bangettt. Akhirnya yang terbeli. Untuk kategori lauk haha beli ikan salmon, ayam, udang, telur ikan tuna (gede bangeet). Kategori sayuran, beli pokcoi, tomat, wortel ostrali, lembayung, sayur entah apa, bombay, paprika, brokoli. Oya, trus dapet ampas tahu, dong.

Sampe rumah, bersihin ikan2an dan masukin tupperware. Lanjut masak. Pertama ngerebus telur tuna, buat disimpen dan nantinya digoreng balur telur aja. Kedua bikin sup ayam. Ni sup tadi jadinya setengah tawar dan setengah matang. Maksudnya aku ga masukin banyak2 bumbu, ga kucicip, dan sayuran sengaja ngga aku rebus lama2. Metode masak sop pasti udah pada paham semua deh. Cuma tadi aku bikin Bumbunya ditumis dulu pake minyak dikit, ples pake potongan bombay juga selain bawang putih. Di akhir pakein bawang merah goreng. Sadapp.

Yang agak nggak biasa aku masak sih. Tumis Udang Paprika Nanas

Pertama, tumis bawang putih merah bombay cabai di minyak kedelai. Langsung masukin udangnya, tambahkan garam merica gula minyak wijen saus tiram. Oseng. Berhubung aku ga punya saus tomat, aku blender separo tomat trus tuang deh barengan sama paprika, batang brokoli, potongan nanas. Kecilin api, angkat setelah sayuran cukup layu.

image

Satu lagi yang nggak biasa. Themlek or Ranjem.
Buat orang daerahku mungkin ga asing yaa. Makanan ini terbuat dari ampas tahu. Untuk campuran ampasnya kita haluskan bawang merah putih rawit garam gula jawa. Lalu setelah dicampur, balur dengan adonan tepung tempe ( ada yang belum tahu?) trus langsung goreeenggg. Yaaam. Dan ternyata kandungan ampas tahu ga main2 lhoo.. Please check on google, hihi.

image

Setelah semua tersedia di meja makan? Ternyata bapak-ibu ada kondangan, dan itu berarti… Makan siang sendirian. Ooooohhh…

image

Advertisements

Cook – Karambi Udang

Bismillahirrahmanirrahim…

Yeay. Masak di hari pertama tahun 2013 (musti ngebiasain lagi nulis tahun yang baru). Belom punya kalender pula nih, biasanya mah pake kalender anak islam, moga-moga ada lagi di Gramedia.

Kemarin tuh liat WP-nya Ima, baru masak Karambi Udang, aku sendiri baru tau ada resep beginian katanya resep masakan padang. Dan kesukaan Ima, berarti enak kaan? Kebetulan lagi punya udang tuh, jadi ngga mikir lama lagi tinggal beli bahan yang dibutuhin terus dimasak deh. Mau liat resepnya juga? Mampir nih ke rumah Ima. Nggak persis sama, masaknya. Karena nggak pake daun kunyit, dan pakenya parutan kelapa bukan ampas, trus nggak diulek bareng bumbunya, trus minyaknya juga nggak terlalu banyak (kalo banyak pastinya lebih enak dan keluar rasanya). Tapi aku yakin rasanya nggak jauh beda, hihi. Baru nyicip dan enaakk. Abis bosen nggak sih masak udang gitu-gitu doang? Makasih Imaaa…

Ayo dicicipin! 😀

WP - Karambi Udang

WP – Karambi Udang

 

Udang Bakar

Udang Bakar Jul 11, ’11 6:50 PM
for HayaNajma’s contacts

Category: Meat & Seafood
Style: Other
Special Consideration: Quick and Easy
Servings: 1 piring saji
Description:
Bismillahirrahmanirrahim..

Gampange pol

Ingredients:
1. Udang yang udah dicelup bumbu nomer 2
2. Bawang putih + merica + garam
3. Olive oil
4. Paprika merah
5. Bawang bombay

Directions:
1. Tuang sedikit olive oil
2. Panggang udang berbumbu di atas teflon
3. Bakar sampe berubah warna
4. Tambahkan paprika dan bambay

Nugget Udang

Description:
Tadinya sih mau biasa aja, cuma goreng tepung… tapi pengen yang jarang-jarang bikinnya…

Ingredients:
1. udang tanpa kulit, tumbuk
2. tepung terigu
3. telur, kocok
4. garam, bawang putih, merica, haluskan
5. daun bawang iris kecil,
6. wortel iris kecil

Directions:
1. Udang tumbuk bersama bumbu, kemudian campurkan di kocokan telur dan sayur, tambahkan tepung
2. Bulat2kan dengan sendok
3. Balur tepung roti
4. Goreng di minyak panas
5. Semua pake ukuran ‘feel’ jadi secukupnya, bikin jangan terlalu lembek dan jangan terlalu keras