Wanita Tegar

Bismillahirrahmanirrahim…

Baru belanja bulanan nih, sama si daddybear again… hiks.. males sebenernya belanja berdua doang, tapi sabun cuci piring udah abis, terpaksa deh.

Pulangnya, pengen beli canai, gerimis-gerimis enak kan yah. Di depan GOR tempat penjual canai itu berada, ada banyak penjual jagung berjejer. Pengen jugak, hehe. Tapi kok cowok semua? Eh, ada yang perempuan, aku samperin aja abis pesen 2 canai keju ama 1 canai ayam bawang. Pesen 2. Asin.

Kubawa ke mobil, tapi bapak bilang beli lagi buat orang rumah. Kubeli 3 lagi, ada yang lagi mesen juga, pasangan. Aku duduk di sampingnya, di bawah gerimis. Gerimis makin menghujan, aku ambil payung, balik lagi nunggu jagung. Aku tanya, sendirian aja penjualnya? Iya, katanya, rumahnya lumayan jauh juga dari GOR.

Pas ambil canai, abang canai yang baek dan suka cerita itu ngomong, “Wanita tegar tuh.” Heh? Aku nggak langsung mudeng. “Iya, orang ngawi, dibawa ke sini sama suami eh malah nikah lagi. Sekarang kerja buat anak sama mertuanya. Wanita baik kayak gitu kok dapet suami yang nggak bener, kasihan. Dulu sih nyuci baju, di kebondalem, jauh dari rumahnya.”

Aku ketawa hormat. Bahkan nggak di ibukota negara kita tercinta, di kota kecil pun banyak wanita pejuang yang menghidupi keluarga tanpa bantuan kepala keluarga. Hebat kan? 🙂

Seperti Siti Hajar yang berlari bolak-balik Sofa-Marwa untuk memberi air pada bayi Ismail saat ditinggal oleh suaminya, Nabi Ibrahim di gurun karena perintah Allah. Wanita-wanita tegar yang tersebar di seluruh penjuru dunia, semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan.