Cook – Another Mi Aceh Kepiting

Bismillahirrahmanirrahim…

Ah, lagi-lagi pengen masak yang nggak biasa. Jadi, semalam aku bikin ini nih… Karena ngidam mi aceh kepiting, mumpung ada kepitingnya. Pake resep yang dulu ini. Malem-malem ngublek dapur, goreng emping, pake mi seadanya juga. Biasa lah, prinsip ekonomi dan akar rotan, kita pakai yang ada.

SONY DSC

SONY DSC

Advertisements

Mie Dalam Panci

Bismillahirrahmanirrahim..

Tenang, itu bukan judul film jadul indonesia, haha. Itu tentang mi dalam panci. Para penggemar drama korea tentu paham bagaimana pintarnya orang-orang korea meracuni dengan penampilan mie-nya yang nikmat.

Jadi, siang tadi tiba-tiba menjelma sore. Gelap sekali seperti sore hari, padahal baru jam 1 lebih. Hujan deras mengguyur. Seandainya punya uang, mungkin aku akan ngendon dulu di kantin dan menikmati semangkuk mie nyemek panas yang terkenal itu *halah.

Tapi hasrat pulang seperti biasa mengalahkan rasa malah hujan-hujanan. Temenku minjemin jas buat tas juga, ya udah cus. Lupa kalau jas hujan bagian atas resletingnya rusak. Menembus hujan deras, akhirnya sampai rumah dengan selamat dan tidak terlalu basah. Setelah cuci-cuci, segera kulihat meja makan.

Ga ada makanan yang menarik minat perutku yang kedinginan. Akhirnya aku bikin mie. Udah lama aku beli panci mini seharga 15.000 tapi belum kuaplikasikan. Dengan mie instan (yang dibuang air rebusannya), wortel, daging, telur, daun bawang, semangkuk mi panas tersaji. Alhamdulillah atas kenikmatan ini Ya Allah…

Mi dalam Panci ala Korea

Mie Ayam Pangsit

Bismillahirrahmanirrahim…

Mi ayam, Mi basah

Hari ini jadi full  time mom di rumah. Bangun agak siang setelah diwanti-wanti “pasarnya tutup kalo kesiangaaaan” akhirnya langsung bergegas mandi dan siap berangkat. Suka deh pagi-pagi jalanan masih sepi. Syuut, syuutt.

Apa yang aku beli? Ayam kampung dua ekor, cumi setengah kilo, daging setengah kilo, sama sayuran. Sampe rumah beli krupuk, baby kailan, sama bawang goreng di tukang sayur.

Aku pengen bikin mi ayaaam. Setelah lihat Hesti’s kitchen INI. Yang mau coba, monggo dilihat resepnya. Mudah, karena bahannya juga gampang didapat. Mi nya aku pakai 2, yang pertama pakai mi basah beli di abang sayur, yang kedua pakai mi hijau sawi. Mi hijau ini tanpa bahan pengawet, dan pewarnanya dari sawi. Udah gitu rendah lemak juga katanya. Di toko harganya sekitar 11 ribu. Yang merah juga ada.

Buat efisiensi-nya, aku rendam dulu beberapa potong dada ayam sama ceker buat bikin kaldu. Nanti setelah ditiriskan, ayamnya baru ditumis kecap. Dan aku lama di bikin pangsitnyaaa. Nipisinnya manual gitu, hahaha. Karena pengen ada rasanya, pangsitnya aku tambahin garam, potongan bawang, sama potongan seledri. Satu toples yang aku buat berjam-jam itu kini telah musnah.

Siang, setelah jadi, langsung aku lahap berdua sama adek. Pas banget ortu pulang, langsung kubikinin 2 porsi. HABIS. Yeaaay! Buat makannya ditambahin saus cabe sama kecap. Nom nom!

Mi pangsit

Mi hijau

Pake bakso ikan

Wanna try?

Mie Aceh Kepiting

DSC01207

Description:
Bismillahirrahmanirrahim…

Berhubung kemaren abis beli kepiting+rajungan yang begitu murah… 25 ribu = 1 kepiting 3 rajungan, murah kaan? Jadi kepingin bikin Mie Aceh. Pernah makan sekali, mie aceh goreng, pengen yang berkuah. Setelah 1 kali ampe kebawa mimpi, akhirnya aku mendapatkan bahan terpentingnya… Harus ke supermarket, gara2 di warung sayur deket rumah ga ada 😦 . Btw aku ambil resep dari sini, kuganti jadi kepiting doang : http://resepmasakanindonesia.info/resep-masakan-mie-aceh/ Sebenernya aku nggak terlalu suka masak mie… suka ribet, tapi ternyata masak ini ga ribet, selain mie-nya gak gampang benyek, pake jepitan buat nyampur mie ama kuahnya… Dan inget, yang ALERGI jangan coba2… Aku lupa misahin kepitingnya, jadi ibu ga bisa ikut makan deh.. hehe

Ingredients:
# kepiting > kepiting yang kupake udah dimasak dulu..
# mie basah besar, berhubung ga punya, pake mie telor : rebus secukupnya, buang air, bilas pake air dingin, rendam di air es, buang air, lumuri pake minyak biar ga lengket
# 4 siung bawang putih
# 3 butir bawang merah
# 1 buah tomat, dipotong-potong
# kaldu sapi bubuk sedikit aja, campur air 1 gelas
# taoge
# kol, diiris
# 1 1/2 sendok makan kecap manis
# 1/2 sendok makan garam
# 1 sendok teh gula pasir
# 3 sendok makan minyak untuk menumis
# 1/2 sendok teh cuka
# 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm

Bumbu yang dihaluskan:

* 6 butir bawang merah
* 1 butir kapulaga
* 4 siung bawang putih
* 4 buah cabai merah besar, dibuang biji
* 2 cm kunyit, dibakar
* 1/4 sendok teh jinten
* 1/2 sendok teh merica

Bahan acar:

* 1 buah mentimun buang biji, wortel, bawang merah, cabe rawit dipotong-potong dadu
* 1 sendok teh gula pasir
* 1-2 sendok teh cuka
* 1/2 sendok teh garam

Directions:
Acar:
1. Sayur agak diremas
2. Tambah gula pasir, cuka, garam, aduk, simpan di wadah plastik
3. Masukkan kulkas, tunggu sekitar 1 jam
Mie Aceh

1. Tumis bawang putih, bawang merah, dan bumbu yang telah dihaluskan sampai beraroma harum. Tambahkan kepiting. Aduk sampai rata.
2. Tambahkan tomat, taoge, dan kol. Aduk hingga layu.
3. Masukkan kecap manis, garam, gula pasir, kaldu sapi, dan cuka. Masak sampai meresap.
4. Masukkan mie. Masak sampai matang. Menjelang diangkat, taburkan daun bawang. Aduk sampai rata.
5. Sajikan mi aceh dengan acar mentimun dan emping goreng.

Segerrrr rasanya 😉
Happy Cooking