Cook – Pizza Thin

Bismillahirrahmanirrahim

Suatu detik tiba-tiba aku pengen banget masak. Oke, bakingPengen banget pie apel, tapi bahannya banyak dan ribet, males. Padahal punya apel ngendon di kulkas. Akhirnya bikin pizza aja deh. Nek wis karep, ya. Padahal aku tahu, yang cinta banget sama pizza (dan makanan italia lain) sedang nggak ada di rumah. Jadi aku bikin yang nggak terlalu buanyak.

Pake resep yang ini. Tapi pake separo je. Emang lebih suka makan pizza yang thin, meski yang kubuat tadi kurang thin.

pizza1

Bahan Bun:

  • 200 gr tepung cakra
  • 4 gr ragi instan fermipan
  • air secukupnya untuk menguleni
  • garam secukupnya
  • minyak kedelai (adanya ini)

Bahan Topping :

  • Saus tomat
  • Bombay separuh, potong besar
  • Paprika hijau separuh, potong melingkar
  • Jamur kancing
  • Keju melt
  • Keju cheddar
  • Garam . Gula . Merica
  • Air
  • Oregano

Cara :

  • Campur tepung, ragi, garam.. beri air sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis
  • Setelah kalis, beri 2 sendok minyak (boleh olive oil), uleni lagi sampai elastis (disuruhnya 15 menit, aku 10 menitan aja kali, pegel)
  • Tutup dan diamkan adonan selama 45 menit (aku nggak sabar, 30 menit aku buka, terus aku tinggal beli keju quick melt jadi sama aja sih kaya 45 menit)
  • Selama menunggu adonan, aku bikin toppingnya
  • Topping : tumis margarin, masukkan bombay, paprika, jamur, beri air, garam, gula, merica, oregano, saus tomat, aduk sampai kental, angkat
  • Setelah adonan mengembang, tusukin pake garpu, biar kempes (bener ga sih ngempesinnya begitu?)
  • Templokin di loyang pizza ukuran 20 cm yang baru aku beli di Intisari (wowww, seneng banget aku, beli loyang pizza seharga 6000an ini, akhirnya aku punya loyang pizza)
  • Harusnya sih ditipisin pake gilingan gitu, tapi aku penyet-penyetin sambil ngepasin adonan yang masih berlebih meski udah seminimal mungkin bikinnya.
  • Akhirnya aku bikin tepiannya pake filling keju quick melt. Tadaaaaa. Setelah jadi, masukin dah tuh topping di atasnya, panggang di oven sampai keju meleleh dan pizza bun-nya mateng, harusnya sih agak coklat gitu kali ya?
step

1 > mulai nguleni 2 > masih nguleni 3 > mulai berbentuk, tutup, diamkan 4 > mengembang, hore

isian

1 > tumis topping 2 > siap panggang

Ada cerita di balik mozzarella.

Jadi, aku beli mozzarella yang potongan kecil di sebuah toko bahan makanan di sini. Udah aku bawa pulang deh tuh, kalau dihitung per harga sekitar 11 ribuan. Sampai rumah aku baru inget kalo aku nggak nanya itu merk apa, yang mana bikin aku ga tahu itu halal atau enggak. Syubhat dah tuh. Terjadi perdebatan dalam hati ini, haha. Kalo pake mozzarella, pizza bisa ada mulur2nya gitu, keren deh.

Motor terlanjur dimasukin, mau pake cheddar doang kok rasanya sayang… bikin cuma sekali-kali. Akhirnya minjem motor pak tukang, ke toko bahan makanan terdekat cari Quick Melt. Nihil! Ke alfamart terdekat, Nihil. Ke Rita, Nihil. Udah mulai kesel dan hampir nyerah, panas banget cuaca, mau balik ke Intisari (toko pertama yang aku datengin buat beli mozzarella) kejauhan. Akhirnya gambling ke Matahari, yang sebenernya biasanya suka gak lengkap. NEMU. Alhamdulillah. Bisa langsung ngacir ke rumah, nerusin bikin pizza yang terhambat karena mozzarella syubhat.

 

pizza2

pizza3

 

Tapi ini lumayan, empuk. Dan dasar bun-nya yang nggak tebal, juga nggak tipis, masih crisp.. tepiannya ada isian keju lumer. Dan aku cuma kuat makan 2 potong hari ini. Masih ada separo lebih masuk kulkas, karena temenku kusuruh dateng tapi kerjaannya belom kelar-kelar. Hihi. Anyone?

Pizza terdahulu nih. Sekarang udah pinteran dikit lah.. 

 

 

Advertisements

Cook – Cilok Isi Keju Ayam

Bismillahirrahmanirrahim…

Ceritanya lagi pengen bikin cilok, mumpung sisa tepung sagu tani yang dulu masih ada, bikinlahh bareng temenku. Pake ukuran ngirit, karena palingan dimakan dikit doaang.

DSC_0031

Ini resepnya:

Bahan:

  1. 100 gr tepung sagu tani
  2. 100 gr tepung terigu
  3. bawang putih 2 siung
  4. daun bawang cincang
  5. merica
  6. garam
  7. kaldu ayam
  8. air 400 cc
  9. keju
  10. ayam goreng
  11. cabe rawit merah
  12. bumbu pecel instan
  13. saus kecap

Cara:

  1. Pertama campur tepung sagu tani + terigu + ulekan bawang putih
  2. Rebus air, campur merica, garam, kaldu ayam bubuk non msg, kira-kira aja ya hehe. Tunggu mendidih
  3. Tuang air panas sedikit2 ke campuran tepung sambil segera di aduk pake spatula kayu, lalu kalau sekiranya cukup, ga perlu nuang air semuanya. Yang penting kelihatannya sudah kalis, uleni pake tangan juga.
  4. Buat bulatan kecil2, sesuai selera, isi pakai isian sesuka hati. Aku sih pake keju, potongan ayam, sama cabe rawit, hihi.. beberapa aja yang dikasih cabe buat kejutan. Abis itu celup ke air mendidih, tunggu mengambang.
  5. Angkat, tiriskan. Biar enak, simpan di magicjar.
  6. Berhubung males bikin bumbu, jadi pake bumbu pecel instan, atau kalau engga beli bumbu gado2 instan.. tambah saus bangkok dan kecap
  7. Selamat menyolok! 😀

Ketan Susu Keju

Bismillahirrahmanirrahim

Heiho! Masi seputar ketan, karena masih ada sisa ketan bikin Mango Sticky Rice kemaren, padahal cuma ngukus dikit doang lho. Jadi mumpung ada susu kental manis sama keju, aku bikin ketan susu keju.

Pertama kali liat resep ini di tipi, di daerah apa lupa tepatnya, makanan ini termasuk makanan ringan yang top. Akunya aja baru denger. Nah nggak lama setelah itu, di deket rumah ada yang jualan, dan ternyata enaaaak bangettt. Jadi aku  bikin deh.

Caranya gampang, nasi ketan, lumuri susu kental manis sama keju, udah deh. Ini penampakannya. Dimakan bareng sama kopi hitam panas, eeeuum.

SONY DSC

Baking – Pizza Terung

Bismillahirrahmanirrahim

Karena ngikut instagram orang, dan beberapa kali lihat model begini. Kadang pakai terung, kadang zukini. Ngasal aja mumpung ada bahan dan oven tumpang lagi turun. Bahannya nyomot dari terong yang tadi disemur. Motongnya bagusan tipis dan bulet si, tapi tadi udah miring-miring gitu yaudahlah. Terus enakan lagi pake daging slice, daging asap, ham, atau sosis gitu, tapi adanya ayam fillet.

SONY DSC

Caranya, cuma taroh potongan terong di atas loyang, kasi parutan keju melt (mozzarella juga boleh, tapi rasanya kurang nendang deh) taroh ayam, kasi garam+merica+oregano. Panggang kurang-lebih 10-15 menit. Dan yumm. Jadilah pizza terong. Buat lidahku sih enak 😀

Cook – Kentang Panggang Keju

Bismillahirrahmanirrahim

Sebuah pilihan untuk cemilan buka mungkin? 🙂 Masih dalam seri kentang. Sambungan dari sebelumnya. Bahan yang kupakai sama. Bubur kentang yang tidak diberi banyak susu bisa dimasak menjadi kentang panggang keju. Aku iseng bikin ini karena sudah punya wadah aluminium untuk memanggang di oven listrik kecil yang dulu pertama kali dibeli (loyangnya hilang).

SONY DSC

Bubur kentang (sebetulnya harusnya hanya adonan perkedel yang dicampur keju supaya tidak terlalu lembek) ditaburi keju melted lalu keju biasa, taburi gula pasir sedikit. Panggang sampai keju meleleh dan kecoklatan. Punyaku terlalu cokelat karena ditinggal sewaktu dipanggang tanpa perkiraan waktu hehe.

 

Cook – Keju Gulung

Bismillahirrahmanirrahim..

Stik Keju

Stik Keju

Ini makanan kesukaan adekku. Simpel. Kami nemu resepnya dari komik Hai Miiko.

Bahan:

  1. Kulit lumpia
  2. Keju, potong panjang

Cara:

Tinggal gulung aja tuh keju pake kulit lumpia, hihi. Terus goreng, tiriskan. Selesai! Biasanya selain bikin ini, kami bikin martabak. Gampang lagi martabak kan? Tinggal bikin adonan telur + daun bawang + garam, bungkus dengan kulit lumpia, goreng, voila!