Cook – Sambal Kerang

Bismillahirrahmanirrahim..

Kemarin pas ke pasar sebenernya aku naksir berat sama udang, gede-gede banget coy. Tapi mahal, sekilonya 60 ribu kalo ga salah. Akhirnya aku beli kerang, walaupun nggak terlalu suka tapi penasaran bikin masakan biar suka. Akhirnya setelah searching ke detikfood, aku nemu resep sambal kerang yang dulu pernah bikin aku penasaran.

Resepnya modif sesuai bahan aja sih

  1. Kerang, sudah direbus dan dikupas waktu beli, secukupnya. Beli setengah kilo, dimasak 1/3 nya
  2. Bawang merah 1 siung, bawang putih 1 siung, iris
  3. Cabai merah > haluskan
  4. Serai keprek 1 bh, jahe (aku ga ada), daun jeruk diremas
  5. Garam, minyak, madu, saus tiram

Caranya?

  1. Tumis cabai merah halus, bawang, sampai layu
  2. Masukkan kerang, serai, jahe, daun jeruk
  3. Beri garam, saus tiram, madu
  4. Tunggu sampai meresap
  5. Angkat

Tres bien! Sadaaappp ;p

Sambal kerang

Sambal kerang

Advertisements

Kerang Remis

Bismillahirrahmanirrahim…

Tahu nggak Kerang Remis? Kerang ini merupakan salah satu kerang yang sering aku dapetin dari Simbah-ku kalau aku ke rumah beliau selain kecombrang karena aku suka banget. Dulu pernah, sepulang dari pantai, ke rumah Embah trus bakar-bakar kerang di tungku. Wenaaaakkk.

Selain dibakar, biasanya aku bikin sayur bening ni kerang. Nah, ternyata ada yang lebih menarik. Masaknya pake cara Bu Hesti ini. Enak sepertinya. Lihat ya!

Kerang Panggang dengan Salata

Description:
Bismillahirrahmanirrahim..

Berhubung punya kerang kupas yang sudah direbus dan nggak suka dimacem2in aka tumis, saus tiram dll karena agak alot dan memang nggak seenak kerang lain, jadinya di grill aja lah.. dengan menu pendamping salata.. Euh, sejak nonton Pasta, hobi bikin masakan aneh muncul lagi nih.. ckckck.. Tapi berhubung si adek ga suka kerang, dia cuma nyicip sedikit doang…

Ingredients:
1. Kerang rebus *ternyata beli kerang yang udah ga ada cangkangnya ada kurangnya, si kerang jadi lebih alot.. dan kata Chef di Pasta, waktu ngobrolin soal kerang.. kerang itu enaknya dimasak pake kulit, karena waktu dia mateng, bagian dalam kulit itu punya rasa yang bikin lebih enak..

2. olive oil atau mentega (ini juga nyontek di Pasta, berhubung lagi punya olive oil)

3. bumbu pecel n kecap n garam n merica bubuk

4. timun n paprika, tabur garam, kecrutin jeruk nipis atau lemon > salata

Directions:
1. panasin olive oil di atas teflon.. ga usah banyak2, dikiit aja

2. tata kerang-kerang di atas teflon…

3. taburin garam dan merica

4. balik kerang kalau udah mulai beraroma, tabur garam n merica lagi

5. angkat kerang, tata di piring

6. encerkan bumbu pecel dan siapkan kecap (pedas), buat dicocol

7. sajikan dengan salata…