Baking – Pizza Terung

Bismillahirrahmanirrahim

Karena ngikut instagram orang, dan beberapa kali lihat model begini. Kadang pakai terung, kadang zukini. Ngasal aja mumpung ada bahan dan oven tumpang lagi turun. Bahannya nyomot dari terong yang tadi disemur. Motongnya bagusan tipis dan bulet si, tapi tadi udah miring-miring gitu yaudahlah. Terus enakan lagi pake daging slice, daging asap, ham, atau sosis gitu, tapi adanya ayam fillet.

SONY DSC

Caranya, cuma taroh potongan terong di atas loyang, kasi parutan keju melt (mozzarella juga boleh, tapi rasanya kurang nendang deh) taroh ayam, kasi garam+merica+oregano. Panggang kurang-lebih 10-15 menit. Dan yumm. Jadilah pizza terong. Buat lidahku sih enak 😀

Advertisements

Cook – Sup Krim Kentang

Bismillahirrahmanirrahim

Ini kesukaan adekku (dan aku juga sih, apa sih yang aku ga suka?). Berhubung punya kentang, terbersitlah niatan buat bikin sup krim kentang. Tapi bahan-bahan belum lengkap, yang ada nanti cuma kaya pure kentang buat MPASI lagi, hihi. Padahal sih memang mirip dan bisa dipake buat MPASI.

Jadi pagi tadi pas ke pasar di cuaca mendung, beli pelengkapnya. Beli ayam fillet, brokoli, pala, bombay. Yang kelupaan beli di warung aja : seledri, susu dancow fullcream.

Pada dasarnya resep ini udah banyak di internet, tinggal pilih lagi punya bahan apa di rumah.

SONY DSC

Bahan :

  1. Kentang, rebus.
  2. Ayam fillet
  3. Brokoli
  4. Pala
  5. Bawang bombay
  6. Bawang putih
  7. Seledri
  8. Susu fullcream/skim > pengennya sih skim, tapi adanya di warung aja
  9. Merica + Garam
  10. Keju
  11. Mentega
  12. Telur, kocok
  13. Maizena

Nah, berhubung aku pake bahan perkedel yang siap goreng, jadi aku tulis aja di sini ya.

Cara bikin perkedel :

  1. Kentang rebus dihaluskan
  2. Campur dengan bumbu garam + merica + bawang putih
  3. Campur dengan telur kocok
  4. Siap digoreng deh. Enak lagi kalo dikasih campuran kornet, seledri, dan/atau bawang merah goreng

Cara bikin Krim Sup:

  1. Rebus ayam fillet dengan tambahan garam + merica sedikit saja (kan sudah ada di adonan perkedel). Air secukupnya saja, gampang kalau nanti mau ditambah.
  2. Tumis bawang bombay cincang dan bawang putih cincang di mentega, sampai harum, sisihkan.
  3. Angkat ayam dari rebusan, kalau sudah matang, lalu sisihkan.
  4. Lalu masukkan adonan perkedel ke dalam air rebusan ayam. Aduk-aduk.
  5. Masukkan tumisan bawang ke dalamnya.
  6. Blender bubur perkedel di atas sampai halus, pure.
  7. Masukkan lagi ke dalam panci. Tambahkan susu yang sudah diencerkan, aduk.
  8. Tambahkan ayam rebus yang sudah dicincang halus, cincangan brokoli, dan seledri cincang
  9. Tambahkan juga parutan keju. Lalu bubuk pala sedikit.
  10. Sesaat sebelum diangkat, diberi maizena encer untuk mengentalkan (ini belum kulakukan karena nunggu pas mau dimakan nanti sore)
  11. Voila, c’est fini.

Mie Ayam Pangsit

Bismillahirrahmanirrahim…

Mi ayam, Mi basah

Hari ini jadi full  time mom di rumah. Bangun agak siang setelah diwanti-wanti “pasarnya tutup kalo kesiangaaaan” akhirnya langsung bergegas mandi dan siap berangkat. Suka deh pagi-pagi jalanan masih sepi. Syuut, syuutt.

Apa yang aku beli? Ayam kampung dua ekor, cumi setengah kilo, daging setengah kilo, sama sayuran. Sampe rumah beli krupuk, baby kailan, sama bawang goreng di tukang sayur.

Aku pengen bikin mi ayaaam. Setelah lihat Hesti’s kitchen INI. Yang mau coba, monggo dilihat resepnya. Mudah, karena bahannya juga gampang didapat. Mi nya aku pakai 2, yang pertama pakai mi basah beli di abang sayur, yang kedua pakai mi hijau sawi. Mi hijau ini tanpa bahan pengawet, dan pewarnanya dari sawi. Udah gitu rendah lemak juga katanya. Di toko harganya sekitar 11 ribu. Yang merah juga ada.

Buat efisiensi-nya, aku rendam dulu beberapa potong dada ayam sama ceker buat bikin kaldu. Nanti setelah ditiriskan, ayamnya baru ditumis kecap. Dan aku lama di bikin pangsitnyaaa. Nipisinnya manual gitu, hahaha. Karena pengen ada rasanya, pangsitnya aku tambahin garam, potongan bawang, sama potongan seledri. Satu toples yang aku buat berjam-jam itu kini telah musnah.

Siang, setelah jadi, langsung aku lahap berdua sama adek. Pas banget ortu pulang, langsung kubikinin 2 porsi. HABIS. Yeaaay! Buat makannya ditambahin saus cabe sama kecap. Nom nom!

Mi pangsit

Mi hijau

Pake bakso ikan

Wanna try?